Selasa, 12 Oktober 2010

Pengalaman, Ubuntu

1 Click Install for Your Activities !!!

Tulisan ini sebetulnya tidak akan pernah ada jika saja semua orang telah mengerti dan mudah dalam memasang aplikasi-aplikasi di sistem operasi Linux berbasis APT.

Analogi yang harus kita pahami adalah, ketika kita memasuki suatu sistem baik itu lingkungan besar maupun kecil, misalnya lingkungan baru tempat kita bekerja, maka aturan-aturan yang berlaku disana harus dipenuhi dalam rangka mensinergikan semua kegiatan yang saling berkaitan dengan orang atau bagian lain di kantor tersebut.

Aturan yang ada harus dijalankan dengan catatan tanpa meninggalkan kreativitas “positif” yang bisa mempercepat penyelesaian pekerjaan minimal efektivitas tercapai jika masih tidak bisa mencapai efisiensi tinggi.

Itu hanya analogi yang maksud intinya adalah, jika kita terbiasa bekerja dengan sistem operasi lain yang mudah dalam melakukan segala hal dan ketika pindah ke sistem operasi Linux berbasis APT seperti Ubuntu Desktop, kita harus mencari cara agar aktivitas kita tidak terganggu gara-gara dibatasi oleh kebingungan untuk memasang aplikasi yang kita butuhkan.

Inti dari migrasi sistem operasi proprietary ke sistem operasi legal berbasis Linux yang harus kita pelajari adalah :

- Mempelajari Perintah Dasar;
- Mempelajari cara instalasi Sistem Operasi berbasis Linux;
- Mempelajari cara menyiapkan alamat-alamat yang menyediakan aplikasi / Mengubah Repositori sesuai yang diharapkan;
- Mempelajari cara instalasi aplikasi baik berbasis GUI atau Text;
- Mencari alternatif aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan kompatibilitas aplikasi lain;
- Mempelajari prilaku aplikasi dan membiasakan untuk mempergunakannya.

Atas pengalaman di atas dimana banyak sekali yang harus kita persiapkan serta untuk mempercepat penetrasi pemakaian OSS (Open Source Software) dan aplikasinya di masyarakat, kita harus mencari alternatif yang mudah terhadap implementasi OSS dan aplikasinya di lapangan. Ada sebagian pihak yang masih berpikir bahwa cara-cara praktis seperti yang ada pada sistem operasi (SO) proprietary tidak perlu dipertimbangkan. Pemikiran tersebut tidak salah jika implementasi dari OSS dan aplikasinya untuk kebutuhan-kebutuhan di belakang end-user (Server, Router dan lainnya). Tetapi ketika kita berhadapan dengan aplikasi-aplikasi yang sering dipakai oleh end-user (aplikasi perkantoran, grafis, multimedia dan lainnya) maka harus dicarikan cara praktis bagaimana mereka bisa melakukannya sendiri sehingga terbiasa dengan segala permasalahan yang dihadapinya.

Baiklah, tulisan di atas adalah liku-liku yang sering ditemui oleh penulis ketika berhadapan dengan end-user yang terbiasa dengan SO dan aplikasi proprietary dengan segala kemudahannya. Setelah lama sekali bergelut dengan OSS dan aplikasinya, suatu saat ketika sedang browsing di internet menemukan website yang akan membuat mudah end-user dalam melakukan prosedur pemasangan aplikasi di Linux Desktop khususnya yang berbasis APT. Sesaat berpikir, ternyata orang diluar Indonesia memiliki pemikiran yang sama dengan yang saya pikirkan yaitu membuat mudah dan mengurangi prosedur panjang dalam melakukan instalasi aplikasi di Linux Desktop.

Ada 2 website yang sudah saya temui dan coba untuk memakainya yaitu www.appnr.com dan www.allmyapps.com. Website tersebut menyajikan secara ramah bagaimana melakukan instalasi aplikasi di Linux Desktop berbasis APT. Di bawah ini penulis coba untuk mengulas salah satu website tersebut yaitu www.appnr.com. Untuk website www.allmyapps.com sama caranya dengan yang akan dibahas di bawah ini ....................


Tjetjep RB PMB 1991

Tidak ada komentar: